RSS

TEBAR LELE DENGAN KEPADATAN TINGGI, 400 EKOR BIBIT/M3

19 Agu

Penguasaan Tehnik-tehnik Budidaya Lele menentukan Jumlah kepadatan tebar dan tingkat keberhasilan Biomasa Panen yang dihasilkan, maka disamping prasarana, Modal maka SDM sangat menentukan tingkat keberhasilan

kOLAM PEMBESARAN LELE DENGAN KEPADATAN 400 EKOR/M3

KOLAM PEMBESARAN LELE DENGAN KEPADATAN 400 EKOR/M3

Meningkatnya jumlah kepadatan tebar Bibit lele, maka secara langsung akan meningkatkan jamlah Pakan yang diperlukan dan akan berakibat semakin tinginya tingkat kotoran dan sisa pakan yang dihasilkan. Kendala-kendala yang dialami oleh para rekan-rekan petani pemula, kebiasaan tebar yang rendah yaitudibawah 200 ekor/m3 air. Kendala dan masalah yang didapat cukup dengan rutin pergantian air dan tebar pakan sudah bisa didapatkan pertumbuhan yang optimal. Tetapi apabila musim penghujan tiba warna air yang sebelumnya hijau segar mendadak berubah menjadi hijau kusam atau coklat, akan juga diiringi timbulnya beberapa masalah di air, lele mulai menggantung-nggantung diujung kolam, keluar bercak-bercak putih ditubuh nafsu makan mulai turun dan bahkan tak jarang akan diiringi dengan kematian lele secara berkala.

Masalah-masalah klasik ini akan selalu muncul apabila petani tidak mau menerapkan sistem Budidaya yang berwawasan dan berkiblat pada kesimbangan Lingkungan Air.

Bagaimana bisa melakukan tebar Lele dengan kepadatan yang tinggi yaitu 200 ekor/m3 lebih dengan pertumbuhan dan kesehatan ikan yang terus Optimal ???……….

Kita akan mengupas secara bertahap semua aspek yang perlu dikuasai oleh petani sehingga mempunyai jurus-jurus yang jitu dalam menstrategi budidaya Lele.

Jurus yang perlu dikuasai adalah :

1. Mengerti sifat dan karakter jenis ikan yang akan dibudidayakan, kebiasaan makan, kebiasaaan hidup, mudah stress atau tidak
bila dibudidayakan dengan kepadatan tebar yang tinggi.
2. Mengeuasai tehnik Manajemen atau pengaturan Kualitas Air.
3. Bisa menghitung Jumlah Pakan yang diperlukan
4. Mempersiapkan sarana yang sesuai dengan kepadatan tebar bibit ikan, karena tingkat kepadatan ikan sangat menentukan prasarana yang diperlukan, tentunya akan mensegmentasi Sistem Budidaya yang akan dijalankan. ( Tradisional, SemiIntensif atau Intensif ).

Dalam Sistem Budidaya Perikanan dibagi beberapa tahapan tehnis yang disesuaikan dengan Fase ukuran besar ikan dan tingkat kepadatannya.
Tahapan Tehnis Budidaya itu perlu disegementasi dengan beberapa pertimbangan, antara lain :
1. Jenis pakan, ukuran pakan
2. Tingkat kepekaan terhadap kepadatan bibit ( penjarangan ).
3. Kecepatan pertumbuhan yang tidak sama ( teknik grading / pemilahan ), untuk didapatkan ukuran besar ikan yang sama. Karena untuk kebanyakan jenis ikan mempunyai naluri Kanibalisme dalam pola makan.
4. Panjangnya waktu yang diperlukan mulai dari ukuran bibit sampai dengan ukuran Konsumsi. Sehingga secara ekonomis disegmentasi tahapan-tahapan pembesarannya.

Adapun Tahapan Segemtasi yang dilakukan sesuai dengan teknologi masing-masing adalah :
1. PEMBIBITAN, Pada tahap ini Manajemen Induk dan bibit perlu dikuasai untuk mendapatkan bibit yang bagus, seragam dan pertumbuhan cepat serta rata.
2. PENDEDERAN, Tahap ini pada fase bibit dipersiapkan pada ukuran siap tebar ke kolam-kolam pembesaran.
3. PEMBESARAN, Tahap pembesaran ikan sampai didapat ukuran konsumsi.

Petani ikan apa bila sudah menguasai tehnik-tehnik dasar dalam Budidaya maka dapat dilakukannya pembesaran Ikan Lele dengan kepadatan yang sangat tinggi yaitu 200 ekor/m3 keatas. Kalau dikuasai teknik dalam budidaya Lele dengan sistem Intensif, Lele mampu hidup pada stresing kepadatan tebar yang ekstrim tinggi tetapi pertumbuhannya masih dalam range waktu standard budidaya, yaitu sekitar 75 Kg/m3 daging ikan Lele, jadi kalau 1 Kg isi 10 ekor, maka lele mampu hidup dengan pertumbuhan yang normal pada
kepadatan tebar 750 ekor/m3.

Apakah syarat-syarat kehidupan yang bisa dicapai, untuk melakukan teknologi intensif itu ?
– OKSIGEN, sebagai LIMITING FACTOR perlu disediakan pada jumlah yang optimal, walaupun lele mempunyai Labirynth yang bisa digunakan secara langsung mengambil Oksigen di udara.
– Kualitas Air yang Optimal sehingga terbentuknya Air berwarna Hijau di awal Budidaya ( TEKNIK GREEN WATER SYSTEM, reff: secara berkala akan diulas khusus tehnik ini).
– Manajemen Pakan dan Kualitas Pakan.
– Kuantitas Air cukup.
– Kualitas Bibit yang bagus ( seragam dan dari jenis induk yang terpilih/ tidak in dreeding ).

MENGAPA DILAKUKAN OUT DOOR ( KOLAM-KOLAM DILUAR RUANGAN ), APAKAH TIDAK MEMUNGKINKAN DILAKUKAN INDOOR SYSTEM ??

Indoor system, sangat mungkin juga dilakukan,tetapi prasarananyapun harus disesuaikan memakai kincir air atau blower untuk suplai Oksigen dibadan air. Karena Kalau Indoor System sudah tidak memungkinkan dilakukan Budidaya dengan Tehnik GREEN WATER SYSTEM, yaitu suplai Oksigen sebagian besar bergantung pada fotosinseta Phytoplankton.

Menyambung dengan Posting kami di TRUBUS ON LINE, yang mempunyai anemo yang tinggi terhadap permasalahan pembesaran Lele, maka tulisan-tulisan kami akan kami mulai dari tehnik Pembesaran dahulu, untuk menjawab permasalahan-permasalahan yang dihadapi dan persayaratan-persyaratan tehnis yang diperlukan untuk dapat melakukan penebaran Lele dengan Tehnik penebaran yang tinggi.

Tingkat keberhasilan dalam BUdidaya lele tergantung, pada beberapa hal al :
1. PEMILIHAN LOKASI
2. KONSTRUKSI & DISAIN KOLAM
3. PERSIAPAN KOLAM
4. PENEBARAN BIBIT
5. MANAJEMEN PAKAN
6. MANAJEMEN KUALITAS AIR DAN KESEHATAN LINGKUNGAN

About these ads
 
9 Komentar

Ditulis oleh pada Agustus 19, 2008 in TEHNIK PEMBESARAN LELE

 

9 responses to “TEBAR LELE DENGAN KEPADATAN TINGGI, 400 EKOR BIBIT/M3

  1. Perwira Aria

    Agustus 23, 2008 at 3:31 am

    serius bisa dengan kepadatan segitu?
    SR dari sistem itu brapa?

     
    • Rajalelebms

      Agustus 14, 2012 at 10:06 am

      Saya pernah mencoba dengan 1m3 air bisa untuk pembesaran 1500 ekor sampai konsumsi kuncinya 1 pengaturan dan kesehatan air. Secara logika ikan hidup di air maka masalah utama ya pada air tersebut.

       
      • duniaiwak

        Agustus 15, 2012 at 4:31 am

        Betulbanget Pak, kuncinya adl PENGATURAN DAN KESEHATAN AIR. Justeru sistem ini yg harus dikuasai oleh seorg pembudidaya. Sistem yg bagaimana, mk konsep2 dlm berbudidaya ikan hrs di mengerti di lapangan. Krn ikan dlm hdpnya sgt bergantung dgn air, mk kualitas air apapun akan jg msk dlm tbh ikan, shg akan menimbulkan berbg penyakit.
        Dlm permainan kepdtan tinggi mk yg hrs diketahui adl PRODUKTIFITAS PER METER KUBIK AIR….itu bs menyangga daging lele hdp yg dihasilkan sebanyak berapa…?…sementara ini yg sy ketahui dgn manajemn air yg dgn sistem Intensif…bs menghasilkan lele 76 kg/M3 air….
        Suatu hsil aplikasi dilapangan apabila bs dilakukan berulang2 dan bs di pelajari org lain dgn baik..maka hslaplikasi itu akan membuahkan hasil teknologi baru…
        Teknologi terkini yg berkembang dibidang perikanan saat ini adl Teknology Probiotik dgn sistem Green Water System yg sdh berkembang menjadi teknologi BFT..(Bio Floc Technology ).
        Salam, semoga Sukses Selalu………

         
  2. paijo

    September 17, 2008 at 7:40 am

    dari tadi koo bahas management aeee
    konkrite gimana
    managemen sistem lah teori kui

     
  3. febian

    Oktober 6, 2008 at 1:22 am

    minta alamat untuk bibit lele ukuran 2 sampai 3 cm dibandung. thanks before

     
  4. tamam

    Februari 27, 2009 at 4:05 pm

    kalo bener sepadat itusaya kok jadi ingin coba

     
    • duniaiwak

      Maret 4, 2009 at 9:07 am

      bisa aja coba dasar-dasar tehnis di kuasai….. karena sudah kami coba, dan petani2 binaan kami telah melakukannya.

       
    • duniaiwak

      Maret 4, 2009 at 9:07 am

      bisa aja coba dasar-dasar tehnis di kuasai….. karena sudah kami coba, dan petani2 binaan kami telah melakukannya.

       
  5. agus

    November 7, 2011 at 9:15 am

    mantap ilmunya..

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: