MENGAPA PERIKANAN PERLU BERKEMBANG SENDIRI SECARA SPESIFIK ?

Dikuasaiya teknik Budidaya perikanan dengan Teknologi PROBIOTIK, maka akan didapat hasil produksi yang berlipat ganda dengan memanipulasi Lingkungan sesuai dengan Daya Dukungnya. Hasil produksinyapun bersifat Organik sangat aman untuk dikonsumsi manusia.

Bakteri dekomposer kuat Luminesence Vibrio

Bakteri dekomposer kuat Luminesence Vibrio

Perikanan sebagai salah satu peluang usaha termasuk salah satu bidang pengembangan budidaya yang baru dikembangkan setelah bidang pertanian dan peternakan. Sehingga pada awal ditahun 1980 an masih berkiblat pada teknik-teknik budidaya pada hewan dan tehnik pemupukan pada bidang pertanian. Sehingga pada awal perkembangannya, Bidang Perikanan mengalami banyak masalah dan kendala-kendala yang tidak jelas pemecahannya.

Pemakaian Bahan Kimia dan Antibiotika secara berkala dengan program yang sangat ketat, seperti dilakukan dibidang Pertanian dan peternakan, justeru menimbulkan banyak kendala dan memutus-mutus rantai siklus lingkungan yang terjadi di air, bahakan menimbulkan kekebalan dan mutasi berbagai jenispenyakit dan Virus pada ikan.
Kecenderungan pemakaian dosis yang semakin hari semakin meningkat, dan pemakaian jenis-jenis antibiotika yang semakin tinggi dan kuat daya basmi dan spektrum membunuhnya, berakibat tidak berkurangnya permasalahan,tetapi semakin timbul beragamnya jenis-jenis penyakit.

Sedangkan pemakaian Bahan-bahan kimia digunakan untuk sterilisasi lahan dan lingkungan air, diharapkan selayaknya kandang ayam yang harus steril dari segala macam jenis bakteri dan jamur. Mengakibatkan rusak dan memporakporandakan sistem keseimbangan ekologi air yang ada.

Pemakaian pupuk yang berlebih, diharapkan akan menyuburkan air sehingga plankton tumbuh subur sebagai makanan ikan, hal ini dilakukan untuk mengqadopsi teknik-teknik pemupukan dibidang Pertanian, tetapi hal ini justeru berakibat menggocangkan kestabilan kehidupan ekosistem di air dengan tumbuhnya jenis-jenis plankton yang beracun dan bakteri-bakteri yang patogen ( berakibat penyakit/ mematikan ).

Adanya realita-realita permasalahan yang terus berkembang dan beragam tersebut, sangat sulit didapatkan pada waktu itu, suatu standard baku teknologi budidaya yang bisa dilakukan keberhasilan secara berulang. Hal inilah yang membuat usaha perikanan mempunyai marjin keuntungan yang tinggi, karena mempunyai faktor resiko usaha yang juga tinggi.

Air sebagai media utama kehidupan hewan air, mempunyai mutu standard baku yang sangat berbeda bagi keperluan mutu baku Air minum atau yang lainnya. Pada awalnya orang berpikir, air harus dibuat se steril mungkin untuk bebas dari segala hama dan bakteri patogen. Hal ini bukannya 100 % benar, teapi juga kurang tepat bisa diterapkan di Teknologi AQUAKULTUR.
Ternyata Bakteri ataupun jenis plankton yang buruk tumbuh, karena ada faktor makanan dan lingkungan yang cocok untuk dia tumbuh dengan baik. Pada awalnya manusia dipusingkan untuk membasmi dengan berbagai macam cara, menggunakan Antibiotika, Desinfektan tetapi ternyata setelah daya bunuh bahan ini
menurun, daya tumbuh untuk recovery terhadap lingkungan sekitarnya sangat mengejutkan. Kenapa hal ini terjadi ???………… ternyata hewan-hewan tingkat rendah mempunyai daya pertahanan tubuh terhadap perubahan lingkungan sungguh dahsyat, Tetapi mengapa dia masih mau tumbuh ????….. Hal ini kuncinya
ternyata terletak pada makanannya yang tersedia dengan subur di lingkungan itu.

Manusia yang menamakan dirinya mahluk paling pintar dimuka bumi ini, ternyata semakin menampakkan ketidak bijaknya apabila telah kalut dan bingung dalam memecahkan permasalahannya, dan pengalaman membuktikan bahwa Manusia yang menamakan dirinya pintar masih suka berpikir sangat pendek dalam
memecahkan atau mencari jalan keluar. Bombardir teknolgi Antibiotik sudah berkembang pada spektrum yang sangat membahayakan bagi kelangsungan kehidupan manusia. Manusia lupa bahwa Dunia ini pasti akan penuh dengan sampah bila hewan mahluk-mahluk ini mudah mati dan tidak punya daya pertahanan
hidup untuk recovery terhadap goncangan atau perubahan lingkungan. Sebaliknya, apabila kalau memang tidak ada makanan untuk tumbuhnya, yang namanya bakteri pathogen dan plankton yang buruk tidak akan bisa tumbuh dengan baik.
Jadi pada dasarnya kacamata ego manusia sangat berbeda dengan kacamata realitas alam. Bakteri-bakteri ataupun jenis plankton buruk itu tumbuh memang karena alam sangat memerlukan dia untuk tumbuh, yang berfungsi sebagai SELF PURIFICATION ( kemampuan alam untuk membersihkan dirinya sendiri ). Diperlukan
untuk alam tetapi tidak diperlukan untuk bidang Perikanan…..
Maka pola pikir ini yang harus diperuncing lagi dengan teknologi memanipulasi keseimbangan Lingkungan air.

Bertolak dari daya pikir ini maka Teknologi PROBIOTIK dibidang perikanan mulai berkembang pesat…..

Apa itu teknologi PROBIOTIK ??

Probiotik adalah lawan dari Antibiotik,…pada teknologi ini, manusia berusaha untuk mengkoleksi jenis-jenis bakteri yang menguntungkan dan tidak berbahaya bagi manusia di kembangkan jumlahnya sesuai dengan kebutuhan. Bakteri ini di tumbuhkan atau di inokulasikan pada lingkungan yang setelah dideteksi terdapat jumlah bahan makanannya yang jumlahnya berlebih, atau melebihi kapasitas daya dukung lingkungan.
Bakteri-bakteri yang menguntungkan ini sebagai agen pemutar siklus ekosistem akan hidup bekerja membantu kearah keseimbangan lingkungan.

Tetapi jenis-jenis Bakteri ini akan secara simultan bekerja bersama-sama dengan phytoplankton dan lingkungan yang mendukungnya untuk tumbuh baik.

Teknik-teknik dan teknologi ini secara berkala pernulis akan memaparkan secara praktis pada beberapa kasus-kasus budidaya di Lapangan.

One thought on “MENGAPA PERIKANAN PERLU BERKEMBANG SENDIRI SECARA SPESIFIK ?

  1. sekedar info ya:
    probiotik biasa diterapkan untuk memperbaiki keadaan lingkungan, meningkat kekebalan terhadap penyakit ato memperbaiki nilai gizi pakan.

    beberapa pro biotik juga telah dapat ditemui dengan mudah dipasaran

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s